6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Tempat Outbound
6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Tempat Outbound

Outbound merupakan kegiatan yang dapat melatih kepemimpinan, keberanian, kepercayaan, dan kerja sama dengan orang lain. Konsep pelatihan yang menyenangkan membuat peserta seperti liburan atau bermain sambil belajar. Metode ini lebih efektif untuk mengembangkan hardskill peserta. Ada begitu banyak tempat outbound yang disediakan berbagai perusahaan, mana yang terbaik? Enam hal berikut perlu dipertimbangkan saat memilih tempat outbound.

Kebutuhan Pelatihan
Anda telah merumuskan apa tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pelatihan. Beberapa tujuan dapat dicapai dengan metode, fasilitas, dan lokasi tertentu. Ini bisa jadi tahap pertama dalam menyeleksi berbagai pilihan.

Jarak Tempuh dan Kondisi Perjalanan
Hitung waktu perjalanan yang diperlukan dengan lamanya agenda pelaksanaan. Sebuah tempat mungkin sempurna namun hanya akan menghabiskan sebagian besar waktu dan membuat peserta kelelahan. Perjalanan dengan waktu tempuh 3 – 4 jam cocok jika Anda memiliki waktu 3 – 4 hari. Jika hanya memiliki waktu satu hari, piliha saja lokasi yang bisa dicapai dalam 1 – 2 jam.
Perhatikan juga bagaimana kondisi jalur yang akan ditempuh jangan sampai membuat peserta terlalu capek atau malah sakit. Kondisi jalur juga menentukan alat transportasi apa yang bisa dipakai, disesuaikan dengan jumlah peserta. Hal ini berkaitan dengan biaya transportasi yang harus dikeluarkan.

Fasilitas di Lokasi Outbound yang Mudah dan Lengkap
Pertimbangkan berbagai fasilitas di tempat outbound dari yang primer seperti MCK dan tempat ibadah. Sesuaikan dengan kebutuhan apakah Anda perlu Aula atau tidak, perlu penginapan atau tidak dan apakah lokasi bisa menampung jumlah peserta. Apabila pengelola tempat tidak menyediakan penginapan, cek hotel di sekitar lokasi.

Jenis Permainan yang Tersedia
Anda tentu memiliki tujuan masing-masing dalam pelatihan outbond. Perhatian jenis dan fasilitas permainan yang tersedia karena masing-masing digunakan untuk materi dan tujuan khusus. Jenis permainan juga disesuaikan dengan usia peserta apakah peserta atau anak-anak. Beberapa lokasi dapat digunakan untuk kegiatan indoor maupun outdoor.

Biaya yang Diperlukan
Lokasi yang Anda inginkan mungkin sudah ideal menurut berbagai pertimbangan di atas, namun harganya tidak sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Anda dapat memilih tempat dan fasilitas apa saja yang digunakan sesuai dengan anggaran tersebut. Misalnya, Anda hanya perlu menggunakan lapangan terbuka tanpa menyewa aula atau kolam. Hubungi pihak pengelola jika Anda ingin informasi lebih detail.

Ramalan Cuaca
Bagi yang memilih tempat outbound di alam terbuka, pastikan cuaca cukup mendukung kegiatan Anda. Ramalan cuaca dapat membantu Anda memutuskan kapan dan di mana outbound dilaksanakan.